5 Jenis Kegitan Promosi Yang Perlu Anda Ketahui

5 Jenis Kegitan Promosi Yang Perlu Anda Ketahui

Promosi adalah upaya atau kegiatan untuk menawarkan produk kepada calon konsumen. Pada hakikatnya promosi suatu komunikasi didalam pemasaran. Kali ini kami dari jasa pembuatan huruf timbul telah merangkum setidaknya ada 5 jenis kegiatan didalam promosi.

1. Marketing

Didalam perusahaan biasanya terdapat bagian-bagian khusus yang menangani promosi. Biasanya bagian ini disebut dengan bagian marketing. Dibagian marketing ini dibagian pertama menggunakan media sebagai alat promosi.

Media ini bisa berupa Baliho, Papan pengumunan dipasar-pasar, tempat-tempat umum, Bisa juga seperti pamplet, Poster, selain itu media ini bisa berbentuk media cetak dan media elektronik sekarang kita kenal dengan facebook ini termasuk kedalam media promosi yang dogunakan oleh perusahaan.

Media promosi atau periklanan yang dipasang tempat umum tadi ditujukan untuk merangsang calon konsumen / pembeli untuk melakukan pembelian terhadapproduk yang dipromosikan. Calon pembeli atau calon konsumen ini dengan adanya media diharapkan mereka menjadikan media sebagai stimulus agar membeli barang yang dipromosikan oleh perusahaan atau oleh bagian marketing.

Kegiatan yang dilakukan bagian marketing menggunakan media untuk melakukan promosi ini disebut sebagai advertising atau periklanan.

2. Sales Promotion Girl

Untuk kegiatan promosi yang kedua ini bentuk promosinya adalah penjual langsung bertatap muka dengan pembeli. Biasanya kegiatan ini dilakukan oleh SPG atau Sales Promotion Girls yang langsung memberikan informasi tentang apa produk yang ia jual.

Misalnya adalah Handphone, maka ada informasi berupa tambahan-tambahan atau keunggulan dari handphone tersebut sehingga calon pembeli menginginkan atau deal dengan produk yang akan ia beli. Promosi yang dilakukan antara penjual dengan calon konsumen yang dilakukan secara tatap muka disebut sebagai personal selling.

3. Promosi Non Personal

Jenis yang ketiga ini adalah jenis promosi non personal yang dilakukan oleh perusahaan melalui media cetak seperti koran atau melalui media komunikasi lain seperti televisi. Dengan melakukan wawancara dengan orang-orang tertentu terhadap produk yang ia jual sehingga memberikan informasi kepada pembaca atau penonton atas produknya.

Kegiatan promosi non personal dengan memanfaatkan media elektronik seperti televisi ini, merupakan kegiatan promosi publisitas. Dengan tujuan agar pembaca atau pendengan terpengaruh dan ingin membeli produk kita.

4. Pameran

Kegiatan promosi yang keempat ini adalah bentuk promosi melalui pameran yangbiasanya dilakukan ditempat-tempat keramaian seperti pasar, pusat perbelanjaan dan sebagainya. Apa saja yang dipromosikan ?

Yang dipromosikan adalah segala jenis produk didalam perusahaan tersebut yang akan mereka tawarkan kepada calon konsumen. Kegiatan promosi dengan mengadakan pameran ini adalah kegiatan sales promotion biasanya terjadi dipusat perbelanjaan.

5. Direct Marketing

Promosi yang ketima ini adalah bentuk penjualan perorangan secara langsung. Salah satu sifat penjualan secara langsung ini adalah promosi yang hanya ditujukan pada satu orang tanpa diketahui oleh orang lain atau hanya diketahui oleh penjual atau calon pembeli. Orang disekitar calon pembeli tidak mengetahui apa yang dipromosikan.

Yang terakhir ini adalah Direct marketing. Direct marketing adalah kegiatan promosi langsung dilakukan oleh penjual kepada satu orang saja atau kepada calon konsumen tanpa diketahui konsumen lain.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *