Inspirasi Teknik Laser Cutting Untuk Interior dan Exterior

Laser Cutting

Pattern yang rumit, detail dan bentuk yang tidak biasa menjadi hal favorit yang ingin dihadirkan pada desain rumah. Tidak hanya furniture yang memiliki akses ukiran kini bagian eksterior pun diberikan sentuhan ukiran yang unik. Kami dari jasa pembuatan huruf timbul akan memberikan inspirasi untuk Anda tentang teknik laser cutting.

Laser Cutting

Sifat kuat dan tahan lama yang dimiliki oleh logam menjadikan material ini bahan favorit pada bagian exterior bangunan, biasanya aplikasi bahan logam digunakan sebagai pintu pagar atau tralis. Hal tersebut menjadi pengaman ruang dalam rumah dan juga sebagai elemen dekoratif pada bagian eksterior rumah.

Namun sekarang lebaran logam baik stainless steel, plat besi ataupun besi hollow dapat dirangkai dan dijadikan sebagai secondary skin atau dinding penyekat luar bangunan, teknik dasar menjadi salah satu pengolahan bahan logam yang favorit digunakan saat ini.

Cutting adalah teknik pemotongan suatu material dengan menggunakan sinar laser yang terfokus di satu titik dan laser cutting ini bisa untuk memotong material dengan rapi dan presisi.

Dalam menerapkan teknik laser cutting sebuah media harus memiliki ketebalan tertentu hal itu dikarenakan keterbatasan laser untuk menembus material yang terlalu tebal misalnya logam yang memiliki ketebalan maksimal 12 mm atau aluminium yang memiliki ketebalan maksimal 5 mm.

Bahan atau material yang dijadikan objek teknik laser cutting tidak hanya logam seperti besi atau alumunium saat ini juga dapat digunakan pada bahan akrilik, pelapisan kayu hingga kertas. Selain itu perlu juga diperhatikan jarak antara laser head dengan media agar tidak membakar objek.

Akrilik yaitu semacam plastik yang menyerupai kaca biasanya bersifat transparan namun saat ini jika terdapat pilihan warna solid, bahan ini dapat diaplikasikan teknik dasar cutting karena terbuat dari material kaca.

Pada tiang penyangga kantor ini menggunakan plywood dengan asam lampu di dalamnya efek ini memberikan nuansa dekoratir pada ruangan. Plywood digunakan sebagai penghadir nuansa alami kayu karena kayu utuh tidak dapat ditembus oleh laser.

Selain plywood ada material sejenis yaitu Mdf atau medium density board, Mdf digunakan untuk menutupi kelemahan plywood yang permukaannya kurang halus dan mudah retak. Oleh sebab itu pada sebuah hotel yang berlokasi di daerah bandara Soekarno-Hatta ini menggunakan mdf yang cutting gelap. Kekurangan mdf dari hanya satu yaitu hilangnya motif kayu pada permukaan.

Selain badian interior bagian exterior hotel ini juga menggunakan teknik laset cutting untuk secondary skin atau bidang penyekat luar. Material yang digunakan tentunya berupa logam baja nirkarat setebal 3 mm agar kuat terhadap kondisi cuaca.

Finishing menggunakan powder coating warna putih memberikan penampilan yang modern dan unik, motif dari laset cutting ini berupa logo hotel yang saling menyampung.

Untuk proses karat sendiri kita akali materialnya di finishing dengan powder coating. Powder coating adalah teknik pengecatannya.

Teknik laser cutting memberikan hasil akhir yang rapi dan detail serta dapat menambah estetika bangunan. Pemilihan material yang tepat serta penempatan yang baik akan menambah nilai teknik ini dalam pengaplikasian sebaiknya konsultasikan dengan ahlinya semoga menginspirasi.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *